Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Tanda Awal Kehamilan Atau Gejala PMS?

Bagaimana membedakan gejala kehamilan dengan PMS? -

Ketika Anda sedang menjalani program hamil, Anda menjadi lebih peka terhadap gejala yang terjadi pada tubuh Anda dan tentu saja Anda berharap bahwa gejala tersebut merupakan tanda awal kehamilan yang Anda nanti-nantikan.

Namun jangan salah, menurut buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil, beberapa tanda tanda kehamilan sangat mirip dengan gejala PMS.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Jadi, yang manakah yang merupakan tanda awal kehamilan atau sekedar gejala PMS?

Berikut sedikit rangkumannya...

Tanda Awal Kehamilan Atau Gejala PMS

Cepat lelah

Kelelahan adalah tanda awal kehamilan dan juga gejala PMS. Kelelahan ini biasanya terjadi selama trimester pertama dan trimester ketiga kehamilan.
Bisa jadi Anda sudah merasa kelelahan sebelum Anda sadar bahwa Anda sedang hamil dan Anda mengira itu hanya gejala PMS biasa.
Kelelahan yang terjadi pada awal kehamilan disebabkan oleh peningkatan kadar hormon progesteron yang dikombinasikan dengan berkurangnya kadar gula darah dan tekanan darah rendah.


Keengganan terhadap makanan atau mengidam

Keengganan terhadap makanan adalah salah satu tanda awal kehamilan.
Anda yang tadinya sangat suka dengan aroma masakan tertentu, bisa tiba-tiba merasa mual akibat aroma yang sama.
Hal ini disebabkan karena meningkatnya hormon beta-hCG. Keengganan terhadap makanan ini hanya tanda dari tahap awal kehamilan dan bukan merupakan gejala PMS.

Namun, mengidam makanan merupakan tanda awal kehamilan dan juga gejala PMS.


Sering buang air kecil

Ini hanya terjadi sebagai tanda dari awal kehamilan, tidak terjadi pada wanita yang sedang PMS. Gejala ini seringkali terjadi pada malam hari.


Payudara nyeri dan bengkak

Gejala ini dapat terjadi sebagai tanda awal kehamilan dan juga PMS.

Selama PMS, payudara wanita menjadi nyeri dan membesar, disebut sebagai "Cyclical Mastalgia" atau "Cyclical Mastodynia".
Pada PMS gejala payudara nyeri dan bengkak ini menghilang saat menstruasi, sementara pada wanita hamil gejala ini bertahan selama 1-2 minggu setelah pembuahan.

Morning sickness

Ini adalah gejala yang paling khas pada awal kehamilan.
Morning sickness merupakan perasaan yang tidak menyenangkan dan mual yang kadang-kadang disertai muntah.
Tidak semua wanita mengalami morning sickness selama tahap awal kehamilan mereka. Morning sickness bukan merupakan gejala dari PMS.

Baca lebih jauh tentang Morning Sickness.


Flek atau kram

Flek atau kram merupakan tanda kehamilan dan juga PMS.
Kram selama PMS adalah umum terjadi pada setiap wanita, sementara tidak semua wanita mengalami kram selama awal kehamilan.
Flek adalah tanda awal kehamilan, dikenal sebagai "pendarahan implantasi" dan penyebabnya adalah sel telur yang telah dibuahi mulai tertanam ke dinding rahim.

Kalau Anda senang membaca buku bagus tentang perawatan kesehatan ibu hamil dan janin, simak ulasan kami mengenai buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil.

Semoga Anda dan bayi Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.