Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil -

Bagi Anda para ibu hamil atau bahkan yang baru menjalani program hamil, asam folat sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan kehamilan, janin dan bayi.

Hingga 70 persen dari semua kasus cacat saraf bayi (cacat lahir pada otak dan tulang belakang) bisa dicegah jika Ibu mengkonsumsi asam folat setiap hari.
Informasi lengkap mengenai asam folat (beserta 30 butir suplemen asam folat gratis) bisa Anda dapatkan dari paket buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil dari dr. Riyani Limoa, SpOG.

Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil
Suplemen asam folat
Makanan yang mengandung folat termasuk jus jeruk, sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan. Sereal, produk biji-bijian dan kapsul suplemen adalah bentuk sintetis asam folat. Bentuk sintetis lebih mudah diserap oleh tubuh Anda dibanding bentuk alami.


Kapan Anda sebaiknya mulai mengkonsumsi asam folat?

Cacat lahir terjadi dalam 3-4 minggu pertama kehamilan.

Jadi penting untuk mulai mengkonsumsi folat sejak tahap-tahap awal usia kehamilan, yaitu ketika otak bayi dan sumsum tulang belakangnya sedang berkembang.

Jika Anda sempat berkonsultasi dengan dokter pada saat Anda masih merencanakan untuk hamil, dokter Anda mungkin akan menyarankan Anda untuk langsung mengkonsumsi suplemen asam folat. Satu studi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi asam folat setidaknya satu tahun sebelum hamil, akan memperkecil risiko kelahiran prematur hingga 50% atau lebih.

Kami merekomendasikan Anda mulai mengonsumsi asam folat setiap hari selama setidaknya satu bulan sebelum Anda hamil, dan setiap hari saat Anda sedang hamil.

Jika Anda membeli suplemen asa folat Anda sendiri, tunjukkan ke dokter Anda pada saat Anda hamil untuk memastikan dosisnya sesuai dengan yang Anda butuhkan.


Berapa Banyak Dosis Asam Folat Yang Harus Anda Konsumsi?

Dosis asam folat yang dianjurkan untuk semua wanita usia subur adalah 400 mcg folat setiap hari.

Jika Anda mengkonsumsi multivitamin (yang mengandung asam folat) setiap hari, periksa labelnya untuk melihat apakah multivitamin Anda tersebut mengandung asam folat dalam jumlah yang disarankan. Jika karena alasan tertentu Anda tidak ingin mengkonsumsi multivitamin, Anda dapat mengkonsumsi suplemen asam folat saja.

Dapatkan bonus asam folat gratis dalam paket buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil, karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Berikut ini panduan berapa banyak dosis asam folat yang dianjurkan untuk dikonsumsi::
  • Sebelum hamil (sedang program hamil): 400 mcg.
  • Selama tiga bulan pertama usia kehamilan: 400 mcg.
  • Selama bulan ke-4 hingga bulan ke-9 kehamilan: 600 mcg.
  • Saat menyusui: 500 mcg.

Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Mengkonsumsi Asam Folat

Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi suplemen asam folat jika Anda pernah mengalami reaksi alergi terhadap asam folat.

Jika Anda menderita salah satu dari kondisi berikut, Anda mungkin perlu penyesuaian dosis atau pemeriksaan tertentu untuk bisa mengkonsumsi asam folat dengan aman:
  • Penyakit ginjal;
  • Hemolytic anemia;
  • Pernicious anemia;
  • Anemia yang belum terdiagnosis oleh dokter dan belum terkonfirmasi oleh tes laboratorium;
  • Infeksi;
  • Jika Anda pecandu alkohol.
Asam folat tidak berbahaya bagi bayi yang belum lahir, dan kebutuhan dosis akan asam folat bahkan meningkatkan saat Anda sedang hamil.

Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai dosis asam folat selama kehamilan. Kebutuhan dosis juga  akan berbeda jika Anda menyusui bayi.

Konsultasikan dengan dokter Anda tentang dosis asam folat jika Anda menyusui.


Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Tanpa kecukupan asam folat dalam tubuh Anda, tabung saraf bayi Anda mungkin tidak menutup dengan benar dan bayi Anda bisa saja menderita masalah kesehatan yang disebut cacat tabung saraf.

Cacat tabung saraf antara lain berupa:
  • Spina bifida: Tidak sempurnanya perkembangan sumsum tulang belakang.
  • Anencephaly: Tidak sempurnanya perkembangan otak bayi.
Bayi yang menderita anencephaly biasanya tidak hidup lama, dan bayi yang menderita spina bifida biasanya cacat secara permanen.

Tetapi kabar baiknya adalah, dengan mengkonsumsi cukup asam folat dapat melindungi bayi dari cacat tabung saraf hingga setidaknya 50%. Jika Anda sudah sudah pernah melahirkan bayi yang menderita cacat tabung saraf sebelumnya, mengkonsumsi asupan asam folat dengan cukup dapat mengurangi risiko melahirkan bayi lain dengan kelainan ini hingga 70%.

Jika Anda pernah melahirkan anak yang menderita kelainan ini sebelumnya neural tube defect, direkomendasikan Anda untuk meningkatkan jumlah asupan harian asam folat hingga 4000 mcg (4 mg) setiap hari. Konsultasikan dengan dokter Anda.

Ketika dikonsumsi sebelum dan selama masa kehamilan, asam folat juga dapat melindungi bayi Anda terhadap:
  • Cacat celah bibir dan langit-langit.
  • Lahir prematur.
  • Berat badan lahir rendah.
  • Keguguran.
  • Pertumbuhan yang buruk di dalam rahim
Asam folat juga dikenal dapat mengurangi risiko:
  • Komplikasi kehamilan (seperti preeklampsia).
  • Penyakit jantung.
  • Stroke.
  • Beberapa jenis kanker.
  • Alzheimer.
Asam folat berperan sangat penting dalam mencegah cacat lahir baik, saraf maupun otak. Tidak hanya itu, asam folat juga berfungsi membantu menjaga bayi Anda dari cacat jantung, bibir sumbing atau cacat pada langit-langit.

Selain itu, wanita hamil membutuhkan asam folat untuk membantu perkembangan plasenta dan janin. Pembelahan sel dan pertumbuhan janin bisa terganggu tanpa asupan asam folat yang mencukupi.

Ibu hamil yang kekurangan asam folat, beresiko melahirkan bayi prematur atau bayi dengan berat badan kurang.

Para ahli menyarankan agar para wanita yang tidak hamil mengkonsumsi setidaknya 400 mikrogram asam folat dalam bentuk sintetis setiap hari, sedangkan ibu hamil mengkonsumsi 600 mikrogram.


Makanan yang kaya akan folat diantaranya:

  1. Buah dan jus buah
  2. Sayuran berdaun hijau
  3. Kacang
  4. Asparagus
  5. Kacang polong
  6. Kacang tanah
  7. Biji bunga matahari
Selain makanan alami diatas, ada beberapa makanan yang diperkaya dengan asam folat, yang lebih mudah diserap tubuh Anda dibanding makanan alami, diantaranya adalah:
  1. Sereal
  2. Pasta
  3. Beras merah
  4. Roti
Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai berapa banyak dosis asam folat yang harus Anda konsumsi sebelum dan selama masa kehamilan.

Apabila Anda membutuhkan panduan lengkap perawatan ibu hamil dan kesehatan janin di dalam kandungan, simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil karya dr. Riyani Limoa, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.