Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui -

Artikel ini berisi informasi mengenai menu makanan sehat untuk ibu menyusui.

ASI adalah sumber makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir. Selama beberapa dekade, ilmuwan telah mencoba untuk membongkar, menganalisa dan menciptakan zat yang mampu menyerupai keunggulan ASI, namun upaya tersebut tidak pernah berhasil.

Sumber dari makanan terbaik ini hanya satu, yaitu payudara ibu.

Tak lama setelah melahirkan, sinyal kimiawi dikirim ke seluruh tubuh sang ibu, kemudian memberi perintah untuk memproduksi ASI. Proses kimia yang terlibat dalam produksi ASI begitu kompleks.

Melalui menu makanan yang tepat, ibu menyusui dapat memastikan bahwa ASI yang diproduksi oleh tubuhnya adalah ASI dengan kualitas terbaik.

Menu kalori untuk ibu menyusui

Proses memproduksi air susu membutuhkan banyak energi, yaitu sekitar 500 kalori setiap hari.

Dapatkan asupan kalori ini pada makanan padat gizi, namun bukan yang tinggi kadar gulanya.

Terkadang walaupun Anda merasa sudah cukup makan, Anda tetap akan mengalami penurunan berat badan. Jika Anda mengalami penurunan berat badan sebanyak lebih dari 2-4 kilogram per-bulan, itu mungkin pertanda bahwa Anda tidak makan cukup kalori.


Menu protein untuk ibu menyusui

Protein yang terkandung dalam ASI dapat dengan mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi yang baru lahir. Protein tersebut memiliki profil asam amino yang sempurna untuk pertumbuhan bayi.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan protein yang terdapat pada ASI dapat ditingkatkan dengan manambah asupan protein bagi ibu menyusui.

Sertakan minimal 4 porsi protein dalam menu makanan sehari-hari, seperti tahu, kacang-kacangan, telur, ikan, dll.


Menu lemak untuk ibu menyusui

Komposisi lemak yang terkandung dalam ASI sangat tergantung dari menu makanan yang dikonsumsi ibu menyusui. Jenis lemak yang Anda konsumsi akan menjadi lemak dominan dalam air susu Anda. Ini artinya Anda harus memperhatikan apa yang Anda makan, dan apa yang tidak boleh Anda makan.

Selama menyusui, satu zat yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan fungsi saraf serta pembelajaran dan perilaku bayi adalah lemak.

Asam Lemak Esensial (EFA) yang banyak ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan merupakan bagian penting dari menu Anda selama kehamilan dan menyusui. ASI adalah sumber EFA yang baik bagi bayi, oleh karenanya Anda harus benar-benar memastikan untuk mengkonsumsi makanan yang tepat dalam menu sehari-hari Anda.


Vitamin dan Mineral Untuk Ibu Menyusui

Mengkonsumsi suplemen yang mengandung Thiamin, vitamin B 12, asam folat dan vitamin D perlu dipertimbangkan jika Anda khawatir menu makanan Anda sehari-hari kurang mengandung banyak vitamin dan mineral.

Vitamin tersebut penting untuk perkembangan bayi, namun sayangnya, vitamin-vitamin tersebut hanya terdapat dalam jumlah yang sangat rendah pada beberapa wanita.

Ibu vegetarian akan sulit mendapat asupan vitamin B 12 dan vitamin D sebab vitamin ini lebih banyak ditemukan dalam makanan hewani.


Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui



Jelas sumber terbaik untuk memperoleh asupan nutrisi bagi bayi yang baru lahir adalah dari makanan yang Anda makan.

Pastikan menu Anda banyak mengandung biji-bijian, buah-buahan segar dan sayuran berwarna.

Sampai kapanpun, manusia mungkin tidak akan pernah bisa menciptakan sumber makanan bagi bayi yang mendekati kesempurnaan ASI. Namun, seorang ibu menyusui bisa membantu meningkatkan kualitas air susu yang diproduksinya demi pertumbuhan terbaik bagi anaknya.

Merawat diri sendiri dan makan makanan yang tepat akan membantu Anda dan bayi Anda tetap sehat.

Kalau Anda senang membaca buku bagus mengenai perawatan anak, simak ulasan kami tentang buku Panduan Lengkap Perawatan Bayi.



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.