Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Cara Membedong Bayi Baru Lahir

Cara Membedong Bayi Yang Baru Lahir -

Membedong bayi merupakan teknik yang sudah dikuasai para ibu selama berabad-abad lamanya. Membedong membantu menjaga bayi tetap hangat. Membedong juga membantu menenangkan bayi rewel.


Cara Membedong Bayi Baru Lahir


Berikut adalah cara membedong bayi yang baru lahir:


Langkah 1: Gelar selimut
Gelar selimut dalam bentuk berlian dengan bagian bawah menghadap ke arah Anda. Ambil sudut atas selimut dan lipat ke bawah beberapa cm sehingga membentuk garis lurus horizontal.


Langkah 2: Baringkan bayi
Baringkan bayi Anda telentang dengan bahunya tepat di bawah lipatan garis lurus yang baru saja dibuat. Tarik lengan kirinya ke arah dadanya, lalu tarik sisi kiri selimut sehingga membungkus tubuhnya. Selipkan ujung selimut tersebut ke bagian bawah sisi kanan tubuhnya. Angkat sedikit tubuhnya agar mudah menyelipkan ujung selimut tersebut.


Langkah 3: Ulangi dengan lengan yang lain
Sekarang tarik perlahan lengan kanan bayi ke arah dadanya. Tarik sudut kanan selimut tersebut, kemudian selipkan di bawah punggung bagian kirinya.


Langkah 4: Lipat ujung dasar selimut
Ambil sudut bawah selimut dan lipat ke belakang punggung bayi Anda. Jangan melipat terlalu ketat. Bayi Anda harus masih bisa menggerakkan tangan dan kakinya sedikit. Inti dari membedong adalah agar bayi merasa hangat dan nyaman, bukan untuk membatasi gerakannya.


Selain teknik membedong, Anda juga bisa mempelajari artikel kami tentang cara memandikan bayi dan cara memotong kuku bayi.

Anda hanya perlu membedong bayi ketika bayi Anda dalam keadaan terjaga, selama beberapa minggu pertama kelahirannya. Setelah itu, hindari membedong bayi Anda karena dapat mengganggu perkembangannya secara normal.

Bayi Anda perlu menggerakkan tangan dan kaki mereka sehingga ia dapat mengembangkan keterampilan motoriknya.

Kalau Anda senang membaca buku bagus mengenai perawatan anak, simak ulasan kami tentang buku Panduan Lengkap Perawatan Bayi.

Selamat atas kelahiran bayi lucu Anda!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.