Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Cara Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

Bagaimana Cara Memandikan Bayi Yang Baru Lahir? -

Beberapa ibu baru merasa kebingungan saat pertama kali memandikan bayinya. Berikut ini ada beberapa panduan sederhana bagi para ibu baru mengenai cara memandikan bayi yang baru lahir.


Cara Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

Cara memandikan bayi dengan spons mandi

Gunakan spons mandi selama beberapa minggu pertama kelahiran bayi Anda sampai tali pusatnya lepas dan kering. Yang Anda butuhkan adalah spons yang bersih dan lembut, baskom atau bak mandi berisi air, sisir bayi dan handuk.

Mandikan bayi Anda dalam ruangan yang hangat. Letakkan bayi diatas handuk pada permukaan yang stabil dan datar. Periksa suhu air dalam baskom atau bak mandi sebelum Anda mulai memandikan bayi.

Air harus hangat, bukan panas. Sementara Anda memandikan bayi, pastikan bagian tubuh bayi yang tidak dicuci tetap terbungkus handuk.

Mulailah dengan membersihkan mata bayi. Gunakan hanya air saja untuk membersihkan mata bayi, tanpa sabun. Gunakan ujung lap dan seka matanya dari sudut bagian dalam mata ke sudut luar. Gunakan ujung lap yang berbeda untuk mencuci mata yang lainnya, dari sudut dalam ke sudut luar.

Berikutnya bersihkan mulut, hidung dan telinga bayi Anda dengan air hangat. Bilas lap Anda dan tambahkan sedikit sabun bayi yang lembut untuk membersihkan wajah bayi.

Gunakan sedikit shampoo bayi untuk mencuci kepala dan rambut bayi Anda. Ingatlah untuk menopang kepala dan leher bayi saat mencuci. Bilas rambut dengan hati-hati agar mata bayi tidak terkena sabun.

Cuci lengan, kaki, punggung dan pastikan Anda juga membersihkan lipatan-lipatan di bagian perutnya. Setelah selesai semuanya, barulah terakhir Anda membersihkan bagian kelamin bayi. Tips membersihkan kelamin bayi perempuan: cuci dari bagian depan ke arah belakang.

Setelah bayi dimandikan dan kering, kenakan popok dan pakaian. Gunakan sisir lembut untuk menyisir dan memijat rambut bayi Anda.

Cara memandikan bayi dengan bath tub

Setelah tali pusar lepas dan kering. bayi Anda bisa dimandikan di dalam bath tub. Isilah bath tub bayi dengan 2-3 inci air hangat. Ikuti prosedur yang sama seperti mandi dengan spons mandi. Ingat, jangan pernah meninggalkan bayi di dalam bath tub tanpa pengawasan.

Setelah Anda bisa memandikan bayi Anda dengan baik, Anda bisa mempelajari artikel kami tentang Cara Membedong Bayi dan Cara Memotong Kuku Bayi.



Pertanyaan seputar cara memandikan bayi:
1 . Seberapa sering saya harus memandikan bayi saya?
Bayi tidak butuh banyak dimandikan selama 1 tahun pertama, cukup 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

2 . Jenis sabun seperti apa yang harus saya gunakan?
Pilih sabun bayi dengan ph netral dan yang bebas dari pengawet.

Kalau Anda senang membaca buku bagus mengenai perawatan anak, simak ulasan kami tentang buku Panduan Lengkap Perawatan Bayi.



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.