Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Panduan Cara Agar Cepat Hamil

Panduan dasar cara cepat hamil. Bagaimana memaksimalkan peluang Anda untuk segera hamil? Apa yang harus Anda lakukan untuk bisa hamil apabila siklus haid Anda kurang teratur?   - 

Keinginan untuk segera hamil dan memiliki anak bisa membuat pasangan manapun untuk melakukan apapun yang diperlukan termasuk merubah gaya hidup. Kami harap demikian juga dengan Anda.

Anda harus menjadi lebih sadar akan makanan, minuman dan obat-obatan apapun yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda. Penting juga bagi Anda untuk menyisihkan waktu untuk berolahraga.

Apabila Anda adalah seorang wanita yang ingin mengoptimalkan kesuburan Anda, rawatlah tubuh Anda lebih baik dari sebelumnya.

Setelah itu, apa lagi yang mesti Anda lakukan?

Saran yang paling utama bagi seorang wanita yang ingin hamil adalah kenali tubuh Anda sendiri, khususnya siklus menstruasi, ujar dr. Rosdiana Ramli, SpOG, seorang dokter yang sudah menulis buku fenomenal Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil.

Panduan Cara Agar Cepat Hamil

Catat frekuensi siklus menstruasi Anda

Seorang wanita yang sedang dalam program hamil, harus memantau apakah hari pertama menstruasi tiap bulan selalu jatuh pada tanggal yang sama dan panjang siklusnya cenderung sama. Jika iya, maka siklus menstruasi Anda bisa dikatakan teratur.

Sebaliknya, siklus menstruasi Anda dikatakan tidak teratur apabila panjang satu siklus berbeda-beda dari bulan ke bulan. Dengan mencatat dan melacak data tersebut, Anda bisa memprediksi dengan baik kapan Anda berovulasi.

Sel telur seorang wanita hanya subur dan mampu hidup selama 12 sampai 24 jam setelah dilepaskan oleh ovarium. Di lain pihak, sperma pria bisa bertahan dalam tubuh wanita selama sekitar enam hari.


Memprediksi waktu ovulasi

Wanita yang siklus haidnya teratur umumnya berovulasi dua minggu sebelum memasuki siklus menstruasi berikutnya.

Sedangkan wanita yang siklus haidnya kurang teratur, agak lebih sulit untuk memprediksi kapan ia berovulasi. Tapi biasanya, ovulasi terjadi antara 12 sampai 16 hari sebelum memasuki siklus haid berikutnya.

Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk memprediksi hari tersubur Anda dalam sebulan, yaitu:

1. Menggunakan alat prediksi ovulasi
Alat seperti ini cukup baik untuk digunakan memprediksi kapan Anda berovulasi. Namun, kami menyarankan Anda untuk terlebih dahulu membaca petunjuk penggunaan sebelum memakai alat ini.

Alat seperti ini banyak dijual di toko obat atau apotik.

Alat ini mendeteksi kadar luteinizing hormon dalam urin, yaitu hormon yang kadarnya meningkat setiap bulan selama ovulasi dan memicu ovarium untuk melepaskan sel telur.

Waktu terbaik untuk bercinta adalah tiga hari setelah alat ini menunjukkan hasil positif. Waktu tersebut adalah peluang terbaik Anda untuk hamil.


2. Mengukur suhu basal tubuh
Metode lain untuk memprediksi ovulasi adalah dengan mengukur suhu basal tubuh.

Anda harus mengukur suhu tubuh Anda setiap pagi, tepat setelah bangun tidur selama minimal tiga kali siklus menstruasi.

Setelah seorang wanita mengalami ovulasi, suhu basal tubuhnya biasanya naik kurang dari setengah derajat Fahrenheit (0,3 derajat Celsius).

Masa paling subur seorang wanita adalah dua sampai tiga hari sebelum naiknya suhu basal tubuh ini. Hari-hari tersebut adalah hari paling baik untuk bercinta.


3. Memeriksa lendir serviks
Anda harus secara teratur memeriksa volume dan bentuk lendir serviks Anda.

Menurut dr. Rosdiana Ramli, SpOG, wanita yang secara rutin memeriksa lendir serviks mereka memiliki peluang dua kali lipat lebih besar untuk bisa hamil dibanding mereka yang jarang memperhatikan lendir serviksnya.

Tepat sebelum ovulasi (ketika seorang wanita memasuki masa paling suburnya), volume lendir serviks meningkat dan juga menjadi lebih tipis, bening dan lebih licin.

(Buku yang direkomendasikan: Panduan Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG). 


Jaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan akan mengurangi peluang seorang wanita untuk bisa hamil.

Terlalu kurus juga sama saja, Anda juga akan lebih sulit untuk hamil jika kekurangan nutrisi.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang kelebihan berat badan (Body Mass Index, atau BMI-nya, lebih tinggi dari 35) membutuhkan waktu dua kali lipat lebih lama untuk hamil dibanding wanita dengan BMI yang dianggap normal.

Seorang wanita yang kurus (BMI-nya kurang dari 19) bahkan butuh waktu empat kali lebih lama untuk bisa hamil dibanding wanita normal.

Memiliki lemak tubuh terlalu banyak akan menghasilkan kelebihan estrogen, yang mana dapat mengganggu ovulasi.

Kurangilah sekitar 5 sampai 10 persen dari berat badan Anda sebelum Anda memulai program hamil. Dengan demikian, Anda akan meningkatkan kesuburan dan peluang Anda untuk bisa hamil.

Sedangkan wanita yang terlalu kurus kemungkinan besar menstruasinya tidak teratur atau malah tidak berovulasi.


Mengkonsumsi vitamin prenatal

Kami merekomendasikan kepada wanita yang sedang menjalani program hamil untuk mulai mengkonsumsi vitamin prenatal bahkan sebelum hamil.

Pilihan lainnya adalah mengkonsumsi multivitamin harian, asalkan mengandung setidaknya 400 mikrogram (mcg) asam folat, yaitu vitamin yang penting untuk mencegah cacat lahir pada otak dan tulang belakang bayi.

Dr. Rosdiana Ramli, SpOG menyarankan semua wanita untuk mengkonsumsi 400 mcg asam folat setiap hari selama setidaknya satu bulan sebelum hamil untuk mencegah cacat lahir pada bayi.

Mengkonsumsi asam folat lebih awal adalah ide yang sangat baik, sebab tabung saraf bayi berkembang menjadi otak dan tulang belakang pada tiga sampai empat minggu awal setelah pembuahan, bahkan sebelum Anda sadar bahwa Anda hamil.

Lebih jauh mengenai asam folat, baca Pentingnya Asam Folat Dalam Program Hamil


Makan makanan yang sehat

Makan berbagai makanan sehat sangat membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk menerima kehamilan sebab dengan demikian, berarti tubuh Anda menyimpan semua nutrisi penting seperti kalsium, protein dan zat besi yang penting bagi kesuburan Anda.

Ini berarti Anda harus memperbanyak makan berbagai buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, susu dan sumber lemak sehat lainnya.

Selain mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam folat, Anda juga bisa mengasup asam folat dari bahan makanan alami seperti sayuran berdaun hijau gelap, brokoli, sereal, kacang-kacangan, buah jeruk dan jus jeruk.

Ketika Anda memulai program hamil, kurangi konsumsi ikan yang tinggi kandungan merkurinya, seperti ikan todak, hiu, king mackerel dan tilefish. Batasi juga makan ikan tuna.

Kurangi asupan kafein. Mengkonsumsi kafein lebih dari 500 miligram per-hari berdampak pada menurunnya kesuburan pada wanita.

Namun, mengkonsumsi 1 sampai 2 cangkir kopi, atau kurang dari 250 mg kafein per-hari dianggap masih aman bagi wanita yang ingin hamil.

(Baca: 15 Makanan Pendongkrak Kesuburan Agar Cepat Hamil)


Mengurangi olahraga berat

Meningkatkan aktivitas fisik setiap hari memang bisa membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk menerima kehamilan dan persalinan nantinya.

Tapi, terlalu banyak latihan atau melakukan olahraga berat berdampak buruk pada ovulasi.

Banyak gangguan menstruasi terjadi pada wanita yang berolahraga terlalu berat. Jika Anda adalah seseorang yang hobi berolahraga, Anda perlu tetap mempertahankan kebiasaan olahraga Anda, namun mungkin Anda perlu memperhatikan intensitasnya agar tidak terlalu berlebihan.


Pengaruh faktor usia terhadap kesuburan

Seiring pertambahan usia seorang wanita, kesuburannya juga berkurang karena adanya perubahan pada ovarium yang berkaitan dengan usia. Perubahan ini menyebabkan menurunnya kuantitas dan kualitas sel telur.

Kesuburan seorang wanita menurun secara bertahap, dimulai pada awal usia 30-an.

Kesuburan semakin menurun ketika memasuki usia 37 dan menurun dengan drastis setelah memasuki usia 40 tahunan.

Lebih lengkap mengenai kondisi wanita usia diatas 40 tahun, baca Bisakah Wanita 40 Tahunan Hamil Alami?.


Kapan saat yang tepat untuk bercinta agar peluang hamil lebih besar?

Semua orang tahu bahwa sel telur wanita harus dibuahi oleh sperma pria agar sang wanita bisa hamil.

Kebanyakan orang juga sudah tahu bahwa wanita menghasilkan hanya satu telur per-bulan, sedangkan pria melepaskan jutaan sperma setiap kali ejakulasi.
Apa yang banyak orang tidak ketahui adalah: kapan sebenarnya waktu terbaik sel telur wanita tersebut dibuahi oleh sperma pria agar terjadi pembuahan?

Berikut ini adalah panduan singkatnya:
Setiap kali wanita memasuki siklus menstruasi bulanan, mereka punya sekitar 6 hari tersubur. 6 hari tersebut dikenal sebagai "jendela kesuburan".
Jendela kesuburan seorang wanita adalah lima hari sebelum ovulasi ditambah hari ovulasi itu sendiri.
Keenam hari inilah satu-satunya saat paling subur dalam satu siklus seorang wanita.


Kapan hari terbaik bercinta agar bisa hamil?

Sperma seorang pria dapat hidup sampai lima hari di dalam saluran reproduksi wanita.

Sel telur seorang wanita hanya hidup selama sekitar 12 jam setelah dilepaskan. Ini berarti bahwa telur wanita harus dibuahi dalam jangka waktu 12 jam ini.

Di luar waktu tersebut, sperma tidak akan mampu membuahi sel telur wanita, sebab butuh waktu untuk terjadinya proses "kapasitasi".
Kapasitasi adalah serangkaian proses yang harus dilewati sperma begitu mereka berada di dalam saluran reproduksi wanita.
Proses ini membutuhkan waktu sekitar 10 jam bagi sperma pria menyelesaikan proses kapasitasi dan mampu membuahi sel telur wanita. Inilah sebabnya mengapa lima hari sebelum ovulasi sangat penting.

Setelah ovulasi terjadi, sperma punya jendela waktu yang sangat singkat untuk membuahi sel telur.
Sperma yang matang (yaitu sperma yang telah melalui proses kapasitasi) dan sel telur yang telah siap menunggu adalah kunci bagi suksesnya pembuahan.

1. Berhubungan seksual pada hari ovulasi
Anda mungkin pernah mendengar bahwa hari terbaik untuk berhubungan seksual adalah hari ketika wanita berovulasi.
Memang penting untuk mengetahui kapan Anda berovulasi, tetapi hari ovulasi bukan hari terbaik untuk berhubungan seksual agar bisa hamil.
Para peneliti telah mempelajari kaitan antara waktu berhubungan seksual dengan ovulasi, guna menentukan peluang terbaik untuk hamil.

Anehnya, para ahli menemukan bahwa hari ovulasi bukanlah hari terbaik untuk berhubungan seksual agar wanita bisa hamil.


2. Berhubungan seksual sehari sebelum ovulasi
Menariknya, sehari sebelum ovulasi adalah hari yang lebih baik untuk hamil dibanding pada hari ovulasi itu sendiri.
Ini disebabkan karena sperma yang ejakulasi sehari sebelum ovulasi memiliki waktu untuk dewasa dan mencapai sel telur.

3. Berhubungan seksual dua hari sebelum ovulasi
Yang lebih menarik lagi, para peneliti telah menemukan bahwa berhubungan seksual dua hari sebelum seorang wanita berovulasi, berpeluang lebih besar untuk terjadinya kehamilan.

Hal ini berarti:
waktu yang tepat bagi pasangan untuk berhubungan seksual agar bisa hamil adalah beberapa hari sebelum sang wanita berovulasi.


Bisakah seorang wanita hamil tanpa orgasme?

Pasangan pria Anda jelas harus mencapai orgasme untuk dapat berejakulasi agar Anda bisa hamil. Namun, pasangan wanita tidak harus orgasme untuk bisa hamil.

Sperma bisa mencapai saluran tuba dan membuahi sel telur tanpa Anda harus orgasme.

 

Berbaring terlentang setelah bercinta, perlukah?

Anda bisa mencobanya.

Dengan demikian Anda membantu sperma untuk tinggal di sekitar leher rahim lebih lama.

Meskipun demikian, ada jutaan sperma dalam setiap kali ejakulasi, sehingga harusnya ada banyak sekali sperma di dalam leher rahim Anda bahkan jika Anda langsung bangun setelah bercinta.

Jika Anda punya waktu dan lagi pengen, mungkin Anda bisa tinggal di tempat tidur sampai setengah jam setelah bercinta.

Anda juga bisa mencoba berbaring telentang dan mengganjal pinggul dengan bantal untuk membantu sperma melewati leher rahim, lalu ke rahim dan ke tuba falopi.

Hal utama yang perlu diingat ketika Anda ingin cepat hamil adalah bahwa Anda harus bercinta secara teratur. Bercinta setiap dua sampai tiga hari sekali akan meningkatkan peluang Anda untuk hamil dibandingkan jika Anda hanya bercinta seminggu sekali.

Jika Anda telah menjalani program hamil selama satu tahun atau lebih tanpa hasil (atau lebih cepat dari satu tahun jika Anda berusia 36 tahun atau lebih), atau apabila menstruasi Anda tidak teratur, berkonsultasilah dengan dokter.

Kalau Anda atau pasangan Anda senang membaca buku bagus seputar strategi cara cepat hamil dan tips memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia, simak ulasan kami mengenai buku laris Panduan Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.