Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Agar Cepat Hamil, Persiapkan Tubuh Anda!

Panduan 8 jenis persiapan sederhana yang penting untuk Anda lakukan agar bisa cepat hamil -

Jika Anda berencana menjalani program hamil, ada beberapa perubahan gaya hidup sederhana yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan dan memperbesar peluang Anda agar cepat hamil.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

Persiapan agar cepat hamil

Berikut ini adalah panduan beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan tubuh Anda menerima kehamilan:

1. Konsumsi 400mcg suplemen asam folat setiap hari

Asam folat adalah sejenis vitamin. Asam folat, atau yang biasa juga disebut dengan folat, bisa didapatkan dalam bentuk alami maupun pil vitamin.

Para ahli kandungan menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen asam folat selama tiga bulan sebelum hamil dan selama 12 minggu pertama usia kehamilan.

Asam folat sangat penting untuk mengurangi risiko bayi Anda terlahir dengan cacat tabung saraf.  Cacat tabung saraf terjadi apabila ada sesuatu hal yang mengganggu perkembangan bayi Anda sebelum ia lahir.

Dua jenis cacat tabung saraf yang paling umum terjadi adalah spina bifida dan anencephaly.

Spina bifida terjadi ketika tulang belakang tidak berkembang secara normal. Anencephaly terjadi ketika tengkorak dan otak tidak berkembang secara normal.

Kedua jenis cacat tersebut bisa dicegah apabila Anda rutin mengkonsumsi cukup asam folat sebelum dan selama hamil.

Semua wanita harus mengkonsumsi vitamin yang mengandung asam folat sebelum hamil. Anda bisa mendapatkan asupan asam folat dengan memakan beberapa jenis makanan.

Namun, sulit untuk mendapatkan asupan asam folat dalam jumlah yang cukup dengan hanya mengandalkan menu makanan Anda sehari-hari. Itulah sebabnya para ahli merekomendasikan semua wanita untuk mengkonsumsi suplemen asam folat.

Kami menyertakan bonus suplemen asam folat bagi pembeli buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil

Beberapa contoh makanan yang mengandung asam folat, antara lain:
  • Gandum.
  • Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan brokoli.
  • Daging dan hati.
  • Kacang-kacangan seperti kacang lentil dan kacang merah.

Mengapa harus mengkonsumsi asam folat sebelum hamil?

Cacat tabung saraf biasanya terjadi sangat awal, yaitu sejak 25 sampai 29 hari setelah Anda hamil. Pada saat itu, sebagian besar wanita belum sadar bahwa dirinya hamil.

Karena cacat ini terjadi begitu dini, Anda sudah harus mulai mengkonsumsi vitamin yang mengandung asam folat sebelum hamil.

Mulailah mengkonsumsi asam folat segera setelah Anda berhenti KB.

Anda membutuhkan lebih banyak asupan asam folat selama masa kehamilan dan menyusui dibanding sebelumnya. Jadi, Anda harus terus mengonsumsi asam folat sebelum hamil, berlanjut pada saat hamil hingga setelah melahirkan.

Manfaat asam folat lainnya adalah untuk membentuk sel-sel darah merah yang sehat dan mencegah anemia. Asam folat juga penting untuk produksi, perbaikan dan fungsi DNA.

Mengkonsumsi cukup asam folat sangat penting bagi pertumbuhan sel bayi dan plasenta.


2. Berhenti merokok

Merokok dapat mempengaruhi kualitas sperma dan sel telur. Rokok merupakan salah satu penyebab utama bayi lahir dengan berat badan kurang.

Merokok juga mempercepat menopause pada wanita.

Pria yang merokok telah terbukti menderita gangguan pada produksi sperma. Merokok mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.


Efek buruk rokok terhadap kesuburan pria
Berikut ini adalah efek buruk rokok terhadap kesuburan pria:
  • Jumlah sperma rendah dan gangguan terhadap motilitas sperma (motilitas adalah kemampuan sperma untuk berenang menuju dan menembus sel telur).
  • Masalah hormonal.
  • Disfungsi ereksi (kesulitan ereksi atau mempertahankan kualitas ereksi).

Efek buruk rokok terhadap kesuburan wanita
Merokok dapat menyebabkan kemandulan.

Ketika Anda merokok, lebih dari 7000 bahan kimia berbahaya memasuki seluruh tubuh dan semua organ di dalam tubuh Anda.

Hal tersebut bisa menyebabkan masalah kesuburan, antara lain:
  • Masalah ovulasi.
  • Masalah genetik.
  • Kerusakan organ reproduksi.
  • Kerusakan telur atau menopause dini.
  • Peningkatan risiko kanker dan keguguran.
Rasa duka akibat keguguran bisa menghancurkan hati wanita manapun.

Wanita perokok lebih berisiko mengalami keguguran dibanding wanita bukan perokok. Selain itu, merokok memperbesar beberapa risiko masalah kesehatan selama kehamilan, seperti persalinan prematur dan kehamilan ektopik.

Meskipun peringatan seperti ini sudah sering dikampanyekan, jutaan wanita usia subur masih banyak yang merokok. Mereka menempatkan kesehatan mereka sendiri dan kesehatan bayi mereka dalam risiko berbahaya.

Semakin cepat Anda dan pasangan Anda berhenti merokok, semakin cepat Anda bisa segera hamil.


3. Jaga berat badan yang ideal

Kelebihan berat badan memperkecil peluang Anda untuk bisa hamil dengan mudah dan memiliki bayi yang sehat.

Obesitas mempengaruhi kesuburan karena menyebabkan ketidakseimbangan hormonal dan masalah terkait  ovulasi.

Obesitas juga terkait erat dengan Polycistic Ovary Syndrome (PCOS), yang merupakan suatu kondisi medis penyebab kemandulan pada wanita. PCOS diderita oleh sekitar 1/5 wanita usia subur.

Berolahragalah dengan teratur dan jagalah menu makanan Anda.

Hubungan antara berat badan dan kesuburan
  • Wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas peluangnya lebih kecil untuk bisa hamil dan memiliki bayi yang sehat. Wanita yang kegemukan seringkali membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk bisa hamil.
  • Risiko pre-eklampsia naik dua kali lipat pada wanita yang kelebihan berat badan dan tiga kali lipat pada wanita yang sangat gemuk (obesitas). Wanita gemuk berisiko dua kali lipat menderita diabetes gestational sedangkan pada wanita yang sangat gemuk (obesitas) risikonya naik drastis menjadi delapan kali lipat.
  • Wanita yang obesitas berisiko lebih dari dua kali lipat mengalami keguguran dan bayi lahir mati.
  • Bayi yang lahir dari ibu yang mengalami obesitas lebih berisiko menderita kelebihan berat badan dibanding usia mereka yang seharusnya.
Terlalu kurus juga dapat mengurangi kesuburan seorang wanita. Kekurangan berat badan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang berpengaruh terhadap ovulasi, sehingga secara tidak langsung juga berpengaruh terhadap peluang Anda untuk bisa hamil.

Apabila dibandingkan dengan wanita yang berat badannya ideal, wanita kurus dua kali lipat lebih sulit untuk hamil.

Bagaimana hubungan antara berat badan dan kesuburan pria?

Wanita bukan satu-satunya pihak yang terganggu kesuburannya akibat berat badan yang tidak normal. Pria juga mengalami masalah yang sama, sebab kelebihan ataupun kekurangan berat badan pasti akan menyebabkan perubahan terhadap fungsi tubuh termasuk organ reproduksi.

Obesitas parah pada pria akan berdampak buruk bagi kesuburannya sebab menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang terkait dengan produksi dan kualitas sperma.

Baca artikel kami mengenai Cara Cepat Hamil Dengan Latihan Kebugaran.


4. Asupan vitamin D

Mengkonsumsi vitamin D secara teratur sangat penting sebagai salah satu strategi cara cepat hamil.

Anda bisa mendapatkannya dari dua sumber, yaitu dari paparan sinar matahari atau makanan seperti ikan dan sereal. Paparan sinar matahari adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan asupan vitamin D Anda. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar matahari pagi meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.
  • Bagi wanita, vitamin D berdampak positif bagi mereka yang mengidap endometriosis, policystic ovary syndrome (PCOS), membantu meningkatkan kadar hormon progesteron dan estrogen (hormon yang mengatur siklus menstruasi) dan meningkatkan peluang suksesnya pembuahan.
  • Bagi pria, vitamin D sangat penting bagi perkembangan inti sel sperma yang sehat serta membantu menjaga kualitas sperma itu sendiri. Vitamin D juga meningkatkan kadar testosteron, yang pada gilirannya akan meningkatkan libido.
Kekurangan folat dan vitamin D sudah lama diketahui sebagai penyebab kemandulan pada wanita. Tetapi baru-baru ini, sebuah hasil penelitian terhadap pria ternyata menunjukkan hasil yang sama.

Pria yang melakukan perubahan gaya hidup (berhenti merokok, mengurangi asupan kafein dan alkohol, menjaga berat badan) sambil secara rutin mengkonsumsi suplemen folat dan vitamin D, ternyata menunjukkan peningkatan kesuburan yang signifikan.


5. Makan secara sehat

Ribuan perempuan dinyatakan sehat, tetapi sangat sulit untuk bisa hamil. Mengapa demikian?

Salah satu faktor paling umum dari kesulitan hamil adalah gangguan ovulasi, yang seringkali penyebabnya tidak diketahui. Pola makan yang buruk dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu faktor utama gangguan ovulasi yang menyebabkan sulit hamil tersebut.

Apa yang dimaksud dengan "gangguan ovulasi"?
Wanita yang menderita gangguan ovulasi, siklus menstruasinya tidak teratur atau tidak menstruasi sama sekali.

Jika wanita tersebut menstruasi, sel telurnya tidak berkembang dengan baik. Penyebabnya tidak jelas, namun jika ditelusuri maka beberapa penyebab umumnya antara lain pola makan yang buruk, resistensi insulin, terlalu banyak olahraga atau ketidakseimbangan hormon.

Makanlah menu makanan yang terdiri dari beraneka buah dan sayuran yang kaya akan kandungan antioksidan (terutama vitamin C dan E, selenium dan beta karoten), guna mencegah kerusakan sperma dan sel telur. Kurangi lemak jenuh dan gula.

Berikut ini ada beberapa ide perubahan pola makan yang kami rekomendasikan untuk mengoptimalkan tingkat kesuburan Anda agar bisa cepat hamil:

1. Konsumsi lemak sehat
Hindari penggunaan lemak trans dan menggunakan lebih banyak minyak sayur (lemak tak jenuh) adalah langkah yang sangat baik, tidak hanya untuk kesuburan Anda, tapi juga untuk menghindari penyakit jantung, kerusakan pembuluh darah serta meningkatkan sensitivitas terhadap insulin.

Dapatkan asupan lemak sehat ini dari makanan seperti kacang-kacangan, minyak sayur, ikan seperti salmon dan sarden.


2. Konsumsi protein dari sayuran, bukan dari daging
Perbanyak asupan protein yang berasal dari kacang polong, kacang-kacangan dan kedelai.


3. Karbohidrat "lambat"
Makanan yang kaya akan serat seperti sayuran, biji-bijian, buah-buahan dan kacang-kacangan kaya akan karbohidrat yang dicerna dengan lambat dan perlahan oleh tubuh.

Jenis karbohidrat ini membantu meningkatkan kesuburan, mengontrol kadar glukosa darah dan insulin.


4. Susu
Hindari susu skim saat Anda sedang dalam program hamil. Silakan nikmati segelas susu full cream, yoghurt atau es krim setiap hari.


5. Zat besi
Dapatkan asupan zat besi dari makanan seperti kacang, bayam, tomat, labu dan biji-bijian lainnya untuk meningkatkan kesuburan Anda.


6. Minum banyak air
Perbanyak minum air putih bersih.

Minum kopi atau teh dalam jumlah yang tidak terlalu berlebihan masih dibolehkan. Namun, hindari sama sekali minuman bersoda.

Minuman bersoda meningkatkan risiko gangguan ovulasi yang mengakibatkan lebih sulit untuk hamil.

Baca artikel kami tentang 15 Makanan Pendongkrak Kesuburan Agar Cepat Hamil.


6. Hindari alkohol

Efek buruk alkohol terhadap kesuburan Anda lebih besar dari yang Anda bayangkan.

Bahkan meskipun hanya dengan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedang sudah bisa menurunkan kesuburan Anda secara signifikan.

Peminum alkohol memiliki risiko lebih besar untuk menderita segala macam masalah kesehatan. Dalam kaitannya dengan kesuburan, mengkonsumsi 5 gelas alkohol (atau bahkan kurang) per-minggu sudah cukup untuk menurunkan tingkat kesuburan Anda.

Dampak buruk alkohol terhadap kesuburan wanita
Wanita yang sering mengkonsumsi alkohol mengalami peningkatan risiko gangguan menstruasi, nyeri haid dan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Kesimpulan
  • Agar cepat hamil, pasangan wanita dan pria sama-sama harus menghindari konsumsi alkohol.
  • Wanita yang mengkonsumsi lebih dari 5 gelas minuman beralkohol seminggu membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa hamil.
  • Wanita yang minum 5 (atau kurang) minuman beralkohol seminggu berisiko mengalami penurunan kesuburan.
  • Banyak wanita yang mengunjungi klinik kesuburan karena mengalami kesulitan hamil dan bermasalah dengan kesuburannya, terbukti merupakan pengkonsumsi alkohol.
  • Pria yang secara rutin mengkonsumsi alkohol, motilitas dan konsentrasi spermanya rendah sehingga sulit membuahi sel telur.
  • Alkohol menekan kelenjar adrenal dan memperlambat pelepasan hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal tersebut. Hal ini secara langsung mengganggu kesehatan sel telur dan menurunkan libido.
  • Pria pengkonsumsi alkohol mengalami penurunan jumlah sperma yang sehat. Sebaliknya, jumlah sperma abnormalnya meningkat.
  • Minuman beralkohol mengandung banyak gula. Konsumsi gula berlebihan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon, resistansi insulin, infeksi jamur, mengurangi kandungan vitamin dan mineral tubuh dan menurunkan kekebalan tubuh. Semua hal tersebut sangat merusak kesuburan pria dan wanita.
  • Minum minuman beralkohol di sekitar waktu ovulasi menurunkan peluang kesuksesan pembuahan.
Intinya, minum  alkohol dapat mempengaruhi kualitas sel telur pada wanita.

Pada pria, alkohol mempengaruhi kesuburan karena menyebabkan kerusakan kromosom, penurunan motilitas (kemampuan berenang sperma) dan disfungsi ereksi (impotensi).


7. Hindari Stres

Wanita akan lebih sulit untuk hamil apabila suatu enzim di dalam tubuhnya berada pada tingkat yang tinggi. Enzim tersebut adalah enzim alpha-amylase.

Enzim alpha-amylase mengalami peningkatan apabila seorang wanita sedang stres, sehingga dengan demikian, wanita yang sedang stres akan lebih sulit hamil dibanding mereka yang sedang dalam keadaan rileks.

Wanita dengan kadar enzim alpha-amylase yang tinggi, mengalami penurunan peluang hamil hingga 12%.

Alpha-amylase disekresi ketika sistem saraf menghasilkan senyawa yang dikenal sebagai catecholamine sebagai reaksi terhadap kondisi stres. Catecholamine mengurangi aliran darah, sehingga menghambat perjalanan sel telur yang telah dibuahi menuju rahim.

Rangkain peristiwa tersebut menyebabkan sel telur yang sudah dibuahi tidak bisa tertanam (implant) dengan sempurna.

Stres dapat mempengaruhi kesuburan Anda, jadi cobalah untuk bersantai. Lakukan sesuatu yang Anda nikmati.

Pergilah berlibur untuk mengurangi ketegangan. Lakukan hobi Anda, bertemu dengan teman-teman Anda atau ikutilah kelas yoga.

Yang paling penting, dekatkan diri Anda kepada Tuhan dengan beribadah dengan baik.

Buku yang direkomendasikan untuk tema ini adalah Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.


8. Jauhi narkoba

Pada dasarnya, kita sudah tahu semua jenis narkoba membawa dampak berbahaya bagi kualitas, jumlah dan motilitas sperma.

Ini artinya, sperma akan lebih sulit untuk bisa membuahi sel telur.

Kabar baiknya bagi pria, sperma selalu "diproduksi ulang", sehingga apabila pria menghentikan konsumsi narkoba, kemungkinan besar kualitas spermanya akan membaik seiring waktu.

Namun, bagaimana dengan wanita?

Semua wanita terlahir sudah dengan cadangan sel telur untuk seumur hidupnya. Tidak ada kesempatan kedua bagi wanita, sebab sel telur tidak diproduksi ulang di dalam tubuh wanita.
Jadi, wanita yang mengkonsumsi narkoba berarti menempatkan dirinya pada risiko kerusakan sel telur secara permanen.
Semua jenis narkoba, termasuk kokain, heroin dan ekstasi, semuanya telah terbukti berdampak buruk secara signifikan terhadap kesuburan pria dan wanita.

Mengkonsumsi narkoba dalam jangka panjang menyebabkan gangguan reproduksi secara permanen sehingga menyulitkan Anda untuk bisa hamil.

Pada pria yang mengkonsumsi kokain, heroin dan ekstasi akan menderita:
  • Libido lemah.
  • Bentuk sperma yang tidak normal.
  • Penurunan jumlah dan volume sperma.
Wanita yang mengkonsumsi obat-obatan tersebut akan menderita:
  • Disfungsi ovulasi.
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur.
  • Gangguan pada ovarium (indung telur).
  • Sel telur cacat.
Mengkonsumsi obat-obatan terlarang berdampak serius terhadap kesuburan Anda.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara penggunaan obat-obatan terlarang dengan penurunan keguguran, kelahiran prematur dan bayi lahir cacat.

Simak review kami mengenai buku laris Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil karya dr. Rosdiana Ramli, SpOG jika Anda atau pasangan Anda membutuhkan panduan yang lengkap dan terarah seputar cara cepat hamil dan tips memaksimalkan kesuburan pada berbagai tingkatan usia.

Semoga Anda sehat selalu!



Centang kotak "Also post on Facebook" sebelum Anda meninggalkan komentar. Terima kasih.